Template Penulisan Ruang Belajar

Uncategorized »

Abstraksi

Guru yang menjadi pembina ekstrakurikuler Pramuka dituntut untuk kreatif dalam memberi variasi latihan dan permainan yang dapat membuat anak-anak tertarik dan senang. Namun, kadang guru atau pembina sering bingung untuk memainkan apa saja, padahalpermainan Pramuka itu sangatlah banyak dan mudah untuk dilakukan tanpa memerlukan peralatan atau bahan yang sulit. Seperti permainan “Garis yang Panjang yang Menang” berikut ini.

Latar Belakang Permainan

Permainan dilakukan oleh anak-anak tingkat Penggalang atau kelas 4, 5, dan 6 dari SDN 015 Tanah Grogot, Kab. Paser,Kalimantan Timur. Dengan masing-masing regu berisikan 10 orang. Dilakukan di sepanjang jembatan depan sekolah saat latihan Pramuka.

Langkah – langkah Permainan

  1. Persiapan, anak-anak dikelompokkan menjadi beberapa regu dengan jumlah anggota sama banyak. Misal: Regu 1 hanya ada 9 orang maka regu 2 dan seterusnya juga harus 9. Jadi secukupnya jumlah anak.
  2. Pembina memberikan instruksi untuk membuat sebuah garis yang panjang dengan menggunakan barang/benda apa saja yang melekat pada tubuh masing-masing anak, dapat juga menggunakan anggota tubuh seperti kaki, tangan atau badan mereka untuk membuat garis. Regu yang membuat garis terpanjang itulah pemenangnya.

 

Siswa berkerjasama dengan anggota regu masing- masing

Siswa berkerjasama dengan anggota regu masing- masing

Ayo... siapa yang sudah panjang?

Ayo… siapa yang sudah panjang?

Aturan Permainan

  1. Batas waktu permainan harus ditentukan, seperti 5 atau 10 menit.
  2. Barang/benda yang dapat digunakan hanyalah yang melekat pada tubuh, tidak diperbolehkan menggunakan barang lain di sekitar mereka.
  3. Masing-masing barang disambung terus tanpa boleh terputus.
  4. Boleh menggunakan anggota tubuh setiap anggota regu, seperti berpegangan tangan dll.
  5. Saat sudah habis waktunya seluruh regu harus diam dalam posisi mereka dalam hitungan 10 detik. Sampai dapat ditentukan regu pemenangnya.

 

Lihat panjangkan!

Lihat panjangkan!

Sekreatif mungkin untuk membuat garis, sampai badan dan bajupun digunakan =)

Sekreatif mungkin untuk membuat garis, sampai badan dan bajupun digunakan =)

Pelajaran yang Diambil

  1. Permainan ini dapat meningkatkan kreatifitas anak dalam berpikir cepat dan tepat. Karena peserta hanya diberi waktu yang singkat untuk membuat garis panjang dengan cara apapun dari barang/benda yang mereka pakai, sehingga mereka akan terlihat bagaimana inisiatif aksinya.
  2. Aktivitas ini juga dapat meningkatkan ketangkasan anak untuk sigap berpacu dengan waktu. Sensor motorik mereka pun akan terlatih.
  3. Lewat kegiatan ini, peserta berlatih menumbuhkan rasa kebersamaan dan kerjasama. Karena mempunyai tujuan yang sama yaitu menang maka mereka akan berkerjasama untuk membuat regu mereka menang. Saling mengingatkan, saling membantu dan saling percaya terhadap sesama anggota regu. Sehingga dari permainan simpel ini saja pembina dapat melihat siapa saja yang memiliki rasa kerjasama dan kebersamaan yang tinggi ataupun tidak.

Semoga bermanfaat dan menjadi referensi tambahan untuk permainan Pramuka di sekolah kalian. Salam Pramuka!

Revisions

No tags for this post.

No comments yet.

Leave a Reply