Contoh Proposal Kegiatan SD

Ekstrakurikuler »

Tags: ,

PROPOSAL KEGIATAN

SDN JATILUHUR 1

I. Judul Kegiatan/Program

Ke-Indonesiaan

II. Latar Belakang

merupakan aspek yang penting sekali perlu ditanamkan pada diri anak sejak dini. Anak-anak perlu bangga dengan negerinya dan memiliki rasa cinta tanah air yang besar karena mereka adalah generasi penerus bangsa yang nantinya akan memimpin bangsa ini. Anak-anak di SDN Jatiluhur 1 memiliki raw material yang optimal tentang . Hampir keseluruhan dari mereka, hafal dengan lagu-lagu nasional dan menghafalkan seluruh bait dari lagu (kebanyakan dari kita hanya menghafal 1-2 bait saja). Selain itu, koleksi buku di perpustakaan SDN Jatiluhur 1 sangat memungkinkan anak-anak untuk menggali lebih dalam tentang nusantara, mencakup kekayaan budayanya, sejarah bangsa, permainan dan cerita dari seluruh nusantara, dan alat musik tradisional. Potensi ini jika dioptimalkan dengan baik dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi pengembangan karakter anak, salah satunya karakter ke-Indonesiaan.

III. Maksud dan Tujuan

Maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah :

  1. Mengembangkan karakter ke-Indonesiaan bagi siswa SDN Jatiluhur 1 dengan mengoptimalkan potensi yang ada.
  2. Mengarahkan siswa SDN Jatiluhur 1 untuk lebih mencintai Indonesia, bangga dengan negerinya, dan mengabdi untuk bangsanya.

IV. Hasil yang Diharapkan

Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah mengajak siswa SDN Jatiluhur 1 untuk mengeksplore budaya Indonesia lewat mading di tiap kelas yang diberikan tema tertentu setiap bulan. Misal : tema tentang provinsi di seluruh Indonesia. Sehingga, selanjutnya setelah mengenal budaya bangsanya, siswa dapat lebih menghargai budaya dan semakin cinta terhadap tanah air serta bersedia mengabdi bagi negerinya.

V. Pelaksanaan

  1. Waktu : setiap bulan, hari disepakati (mungkin bisa di akhir minggu)
  2. Tempat : di setiap ruang kelas
  3. Durasi : 2 jam pelajaran (2×35 menit)

VI. Struktur Pelaksana

Pelindung                    : Kepala sekolah

Penanggung Jawab     : Guru wali kelas

Pelaksana                    : Siswa kelas 1 sampai dengan kelas 6 SDN Jatiluhur 1.

 

VII. Time Frame

Kegiatan Waktu
Juni Minggu ke- Juli Minggu ke-
1 2 3 4 1 2 3 4
Pengajuan proposal
Sosialisasi ke wali kelas
Sosialisasi ke siswa
Persiapan materi dan bahan
Pelaksanaan

VIII. Penganggaran

Sumber dana : Kas tiap kelas

Pengeluaran : Disesuaikan kebutuhan tiap kelas.

IX. Penutup

Mading ke-Indonesiaan hanyalah langkah kecil untuk mengekspresikan rasa cinta terhadap tanah air. Harapannya diawali dengan mading ini dan akan berkembang dengan program-program lain yang lebih mengoptimalkan potensi SDN Jatiluhur 1 sekaligus memupuk rasa cinta tanah air. Demikian proposal ini dibuat, semoga dapat bermanfaat bagi seluruh civitas akademik SDN Jatiluhur 1 khususnya dan bangsa Indonesia pada umumnya.

Revisions

No comments yet.

Leave a Reply