Parodi Lagu Perhitungan Campuran

Kelas 6 » Matematika 6 » Hitungan Campuran »

Metode :: Lagu

Tags: , , , ,

Abstraksi

Dalam tulisan ini akan disajikan sebuah parodi lagu untuk memahami prioritas pengerjaan operasi hitung campuran dalam matematika. Lewat lagu, secara tidak sadar murid-murid akan hafal dengan sendirinya. Silahkan dicoba!!

Latar Belakang

Beberapa, bahkan banyak siswa masih sulit membedakan bagian mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu dalam sebuah soal perhitungan campuran. Terutama bagi siswa-siswa yang tidak biasa belajar secara serius, maka haruslah secara sengaja menghadirkan metode pembelajaran yang menyenangkan untuk mereka. Lewat lagu, secara tidak sadar mereka akan mengingat konsep operasi hitung campuran tersebut.

Teori/Penjelasan Materi

1890 – 12 x 140 : (12 + 8) = …..

Soal tersebut merupakan contoh soal perhitungan campuran yang kerapkali muncul di Ujian Nasional. Urutan cara untuk mengerjakannya yaitu: 1) Kerjakan yang di dalam kurung terlebih dahulu, 2) Kerjakan proses perkalian atau pembagian, 3) Kerjakan proses penjumlahan dan pengurangan, dan 4) Kerjakan dari kiri terlebih dahulu, lalu ke kanan.

Metode

Untuk mengingat urutan proses penyelesaian soal operasi hitung campuran, maka saya sajikan dalam bentuk parodi lagu. Lagu ini menggunakan nada dasar lagu Becak. “Aku mau tamasya berkeliling keliling kota, untuk melihat lihat keramaian yang ada,…..dst”. Seperti itu kira-kira lagunya, sekedar mengingatkan saja. Nah, dibawah ini adalah parodi-nya, judulnya Perhitungan Campuran.

PERHITUNGAN CAMPURAN

Mari kita kerjakan

Perhitungan campuran

Dalam kurung selalu

Dikerjakan dahulu

 

Kedua kali bagi

Ketiga tambah kurang

Dari kiri lalu ke kanan

 

*Diulang sesuka hati

 

Lesson Learned

Melalui lagu, siswa merasakan pembelajaran yang menyenangkan dan dengan mudah memasuki alpha zoneI, keadaangelombang otak terbaik untuk menerima pelajaran. Selain itu, dengan menyanyikan parodi lagu, guru jadi mengetahui siswa mana yang memiliki kecerdasan musikal. Hal ini berguna dalam rangka Discovering Ability untuk menerapkan Multiple Intelligences.

Antisipasi dan Alternatif

Satu hal penting yang harus di waspadai dalam menerapkan metode ini adalah, pastikan siswa mengetahui lagu dasar yang diparodikan. Pasalnya, siswa saya sendiri ternyata tidak mengetahui lagu Becak tersebut. Solusinya adalah mengganti lagu dasar dengan lagu lain yang siswa tahu, atau memperkenalkan lagu dasar kepada siswa.

Pada prakteknya, saya memilih solusi yang kedua, yaitu dengan memperkenalkan lagu dasar Becak dalam bentuk nada dasarnya saja tanpa lirik aslinya lewat laptop. Akhirnya mereka bisa. Berhasil.

Pendidikan karakter yang disisipkan

Belajar lagu yang sesuai dengan umurnya.

Kesimpulan

Rumus matematika lebih cepat dipahami lewat cara yang menyenangkan, salah satunya melalui parodi lagu. Selamat Mencoba !!

Revisions

No comments yet.

Leave a Reply