Lomba Cerdas Cermat


Metode :: Lomba & Pertandingan

Tags:

Abstrak

Tulisan ini berbicara mengenai keunggulan menggunakan Lomba . Lomba ini bisa digunakan untuk semua mata pelajaran serta dapat melibatkan lebih banyak orang untuk kelangsungan acaranya. Dibagi menjadi beberapa kelompok, beberapa sesi pertanyaan, kemudian mereka menjawab pertanyaan, mendapatkan poin, begitulah teknis Lomba Cerdas Cermatnya.

Latar Belakang

Adegan Lomba Cerdas Cermat di Film Laskar Pelangi

Lomba Cerdas Cermat merupakan bentuk apresiasi guru terhadap siswa. Selain sebagai metode mentransfer ilmu, Lomba Cerdas Cermat juga dapat digunakan sebagai follow up atas materi-materi yang diberikan guru. Kegiatan ini tidak semata-mata hanya untuk mengisi waktu senggang saat mengajar, tetapi juga dapat menjadi indikator bahwa apa yang diajarkan tetap diingat siswa. Suasana lomba yang gembira, menegangkan, serta menyenangkan serta merta mengajarkan siswa untuk selalu mengingat ilmu dan pengetahuan yang didapat. Jelas kegiatan ini dapat memberi motivasi dan hasil belajar yang baik pada siswa.

Langkah-langkah Pelaksanaan

  1. Siswa dibentuk secara acak menjadi beberapa kelompok (sesuai kebutuhan)
  2. Siswa membuat nama dan yel-yel untuk kelompoknya
  3. Lomba dimulai, tiap kelompok menggemakan yel-yelnya.
  4. Susasana dibuat santai dan menyenangkan
  5. Guru memberikan pertanyaan sesuai dengan sesinya, apakah sesi pertanyaan untuk per kelompok atau sesi pertanyaan rebutan.
  6. Guru mengakumulasikan poin-poin yang didapat per kelompok dan menentukan kelompok yang berhasil memenangkan Lomba Cerdas Cermat tersebut.
  7. Kelompok dengan poin tertinggi akan mendapatkan hadiah sebagai bentuk penghargaan.

 Lesson Learned

Banyak soft skill yang didapat siswa saat lomba ini, diantaranya: percaya diri, berpikir cepat, kepemimpinan, bekerja sama dengan kelompoknya, menghargai pendapat/jawaban antar kelompok, belajar mengelola emosi ketika kelompoknya bukan menjadi yang terbaik.

 

(Ditulis berdasarkan pengalaman Fitria Chairani)

Revisions

No comments yet.

Leave a Reply