Ice Breaking dengan Tebak-tebakan Lucu

Ice Breaking »

Metode :: Permainan , Cerita

Tags: , , ,

Abstraksi

Semua siswa suka tertawa. Dan sekarang saatnya membuat lelucon dengan bermain tebak-tebakan. Mari tertawa! hahaha!

Tebak-tebakan bisa digunakan sebagaiice breaking kala para murid mulai jenuh dengan kegiatan yang sedang mereka kerjakan.

Latar Belakang

Salah satu kunci keberhasilan dalam proses belajar mengajar adalah menghadirkan siswa dalam kondisi rileks dan menyenangkan. Ditandai dengan rona wajah ceria, tersenyum dan bahkan tertawa. Dalam ilmu psikologi, kondisi tersebut dikenal dengan nama zona alfa.

Kondisi alfa adalah tahap paling iluminasi (cemerlang) proses kreatif otak seseorang. Kondisi ini dikatakan sebagai kondisi paling baik untuk belajar sebab neuron (sel saraf) sedang berada dalam satu harmoni (keseimbangan); yaitu ketika sel-sel saraf seseorang melakukan tembakan impuls listrik secara bersamaan dan juga beristirahat secara bersamaan sehingga timbul keseimbangan yang mengakibatkan kondisi relaksasi seseorang. Seseorang yang sedang masuk dalam kondisi alfa akan mengalami kondisi yang relaks tapi waspada. Kondisi ini merupakan kondisi yang tepat untuk belajar.

Cara membawa masuk siswa ke dalam kondisi gelombang alfa dapat dilakukan melalui berbagai metode seperti permainan, lagu, cerita lucu atau yang lain. Untuk ruang belajar kali ini, saya akan menggunakan metode memberikan tebak-tebakan lucu.

Tebak-Tebakan

Pada dasarnya ini dibuat untuk lucu-lucuan saja. Mudah-mudahan lucu :P . Berikut beberapa tebak-tebakan yang saya kutip dari beberapa sumber dan pernah saya uji cobakan di SDN 6 Payabakong, Aceh Utara:

TANYA : Mata, hidung, telinga, mulut, badan mirip kerbau,tapi bukan kerbau. Apaan tuh?
JAWAB : Gambar kerbau

TANYA : Lahir di Arab, besar di Arab, tapi ngga bisa bahasa Arab?
JAWAB : Unta

TANYA : Binatang apa yang nggak pernah rugi?
JAWAB : Laba-laba

TANYA : Hewan apa yg bersaudara?
JAWAB : Katak beradik

TANYA : Kenapa anak kodok suka loncat-loncat?
JAWAB : Biasalah… namanya juga anak-anak. Suka iseng..

TANYA : Hewan apa yg paling aneh?
JAWAB : Belalang kupu-kupu. Soalnya kalo siang makan nasi kalo malam minum susu

TANYA : Hewan apa yang namanya 2 huruf?
JAWAB : U dan g

TANYA : Gajah apa yang belalainya pendek?
JAWAB : Gajah pesek

TANYA : Apa persamaannya gajah dan tiang listrik?
JAWAB : Sama2 nggak bisa terbang

TANYA : Gimana caranya 5 ekor gajah naek mobil sedan?
JAWAB : 2 di depan 3 di belakang

TANYA : Ikan apa yg matanya banyak sekali?
JAWAB : Ikan teri 1 kilo

TANYA : Ayam apa yg besar?
JAWAB : Ayam semesta

Referensi

[1.]  Chatib, Munif. Gurunya Manusia. Kaifa Learning: Bandung. 2011

[2.]  Website: http://tutorial-blogz.blogspot.com/2012/07/kumpulan-tebak-tebakan-lucu-terbaru.html

Revisions

6 Responses to “Ice Breaking dengan Tebak-tebakan Lucu”

  1. Yanti 21 December 2012 at 12:05 #

    Ha.ha.iki tebkanx gk bnget tp lucu2 gmana gt dika.
    Ada2 aja.bs d praktekan dkelsku.ha

  2. Thontowi Ahmad Suhada
    Towi 23 December 2012 at 19:21 #

    hahaha, khas dika bgt

  3. Hanan 5 January 2013 at 16:21 #

    TANYA: Kenapa anak babi jalannya nunduk?
    JAWAB: Karena malu orang tuanya babi.

    TANYA: Kenapa ayam kalo nyebrang gak pernah liat kanan kiri?
    JAWAB: Karena matanya udah ada di sebelah kanan sama kiri.

  4. ssumant 18 June 2014 at 21:52 #

    lucu lucu, makasih

  5. Retno 19 June 2014 at 10:38 #

    makasih yaaa bisa nambah ide ku di acara reuni nanti

Trackbacks/Pingbacks

  1. Ice Breaking dengan Tebak-tebakan Lucu | SD Negeri Sabarwangi - 31 May 2013

    [...] Sumber: http://belajar.indonesiamengajar.org/2012/12/ice-breaking-dengan-tebak-tebakan-lucu/ [...]

Leave a Reply