Belajar Berhitung dengan Bermain LETS JUMP

Kelas 1 » Matematika 1 »

Metode :: Permainan

Tags: , , , ,

atau

Latar Belakang

Saya sering menghadapi kebingungan dengan siswa yang memiliki perbedaan “kecepatan” dalam memahami pelajaran, khususnya . Ada siswa yang cepat sekali menangkap pelajaran dan selalu cepat dalam mengerjakan soal, sehingga jika selesai mengerjakan tugas mereka kebanyakan mengganggu teman yang lain atau membuat keributan.

Di sisi lain, ada juga siswa yang perlu waktu lebih lama untuk memahami pelajaran. Murid-murid saya yang ini mengidentikkan matematika dengan penyebab pusing kepala :D. Oleh karena itu saya mencoba membuat matematika terasa menyenangkan dengan permainan yang saya sebut ‘Lets Jump’.

Persiapan

Ini adalah persiapan yang saya lakukan untuk membuat permainan Lets Jump.

  1. Mencari lapangan yang tanahnya bisa digarisi dengan kayu/batu.
  2. Membuat kotak sebanyak 10 di atas permukaan tanah dengan menggunakan kayu sebagai penggarisnya.
  3. Mengisi kotak tersebut dengan nomor secara berurutan dari 1 – 10. Saya mencoba melibatkan siswa dengan membiarkan siswa yang membuat kotak, agar mereka senang.  Catatan: usahakan agar angka yang ditulis ditanah tidak mudah terhapus.
  4. Membariskan siswa di depan kolom nomor 1
  5. Agar lebih semangat, saya memulai permainan dengan mengajak siswa bernyanyi atau pemanasan dulu bersama-sama kemudian menjelaskan aturan main.
  6. Jika siswa sudah mulai siap bermain, maka permainan segera dimulai.
Para siswa sedang asyik bermain Lets Jump

Para siswa sedang asyik bermain Lets Jump

Mulai Bermain

Guru memberikan instruksi pada siswa untuk menghitung kisaran angka 1 sampai 10 sesuai jumlah kolom, misalnya:

Guru                        : “Maju tiga langkah!”
Siswa terdepan       : (melompat sebanyak tiga langkah dengan melewati kolom bernomor 1, 2 dan berhenti di 3)

Guru                        : Panggil nama, misal “Gita, ayo sekarang kamu ada di kotak berapa?”
Siswa Gita               : (menjawab sampai benar) “Nomor 3, Bu.”

Guru                        : “Kalau begitu, Gita ayo lompat lagi sebanyak lima kotak!”
Siswa Gita               : (melompat 5 kali)

Guru                        : “Nah, sekarang Gita ada dikotak nomor berapa?”
Siswa Gita               : “Nomor 8!”

Guru                        : “Jadi anak-anak (bertanya pada semua siswa), tadi Gita ada di nomor 3, maju lima kotak Gita ada di nomor                                      8, berarti 3+5 sama dengan berapa?”
Semua siswa           : “Delapan!”

Begitu seterusnya sampai semua siswa mendapat bagian, sehingga siswa yang cepat belajar bisa mendukung temannya yang lama dalam memahami pelajaran.

Tips

  • Siswa yang belum mendapat giliran harus memberikan semangat dengan bersorak bersama
  • Siswa yang sudah mendapat giliran akan mendapat Reward jika ia tetap setia memberi semangat pada temannya yang lain
  • Jika jumlah siswa banyak, guru bisa membuat dua kelompok besar. Satu kelompok sebagai pemain (bermain lompat duluan), satu kelompok harus menjadi penyemangat. Kelompok yang paling kompak mendapat reward.
  • Angka yang digunakan bisa disesuaikan dengan pemahaman siswa, boleh sampai 20, boleh pengurangan, atau bahkan perkalian dan pembagian (tentu dengan strategi penomoran yang tepat).

Inilah permainan kami untuk belajar berhitung. Selamat mencoba 😀 !

Revisions

No comments yet.

Leave a Reply