Berburu Harta Karun “Benda-Benda di Kelas” – Things in Classroom

Muatan Lokal » Bahasa Inggris »
Alat dan Bahan » Sumber Daya Lokal »

Metode :: Permainan

Tags: , ,

Abstrak

Pagi itu murid-murid saya sedang sibuk masuk ke kolong-kolong meja, membuka lemari, dan memperhatikan setiap sudut benda yang ada di kelas. Mereka tidak mencari barang yang hilang, tetapi sedang asyik berburu “. Mereka sedang dalam proses belajar perbendaharaan kata dalam Bahasa Inggris untuk benda-benda yang ada dalam kelas.

Latar Belakang

Mengajar bahasa asing adalah tantangan tersendiri bagi para guru, terutama guru yang berada di daerah di mana masyarakatnya bahkan belum terbiasa menggunakan Bahasa Indonesia. Tantangan tersebut juga disebabkan karena tulisan dalam Bahasa Inggris memiliki pelafalan yang berbeda dengan pelafalan pada Bahasa Indonesia.

Pada pelajaran Bahasa Inggris kelas 5 SD, materi “Things in Classroom” (atau juga materi Bahasa Inggris yang lain) menuntut siswa untuk menghapal perbendaharaan kata Bahasa Inggris sebanyak-banyaknya.

Jumlah siswa di sekolah adalah di kelas 5, SDN Inpres 2 Adaut, Kab. Maluku Tenggara Barat, adalah sebanyak 45 siswa dengan karakter siswanya yang aktif bergerak.

Metode

1. Pertama, kita tulis  10-15 things in classroom’ di sebuah kertas manila (bisa diganti dengan kardus atau kertas buku tulis). Contoh kata-kata yang saya gunakan:

Ruang-Belajar-Berburu-Harta-Karun-“Benda-Benda-di-Kelas”-Things-in-Classroom-Savira-Mega-Putri

  1. Table
  2. Chair
  3. Whiteboard
  4. Pen
  5. Pencil
  6. Book
  7. Eraser
  8. Ruler
  9. Window
  10. Door
  11. Wall
  12. Floor
  13. Clock
  14. Bag

2. Kita tempelkan kertas bertuliskan vocabs tersebut pada benda-benda dalam kelas sesuai dengan artinya (signified and signifier). Agar permainan lebih seruh, saya menempelkan beberapa kata di tempat yang agak sulit dilihat. Misal, ‘table’ di bawah meja, ‘door’ di balik pintu, dsb.

3. Setelah semua siap, anak-anak diminta berbaris di luar kelas sambil membawa buku dan pensil. Jika pelajaran dilakasanakan pada jam pertama, maka anak-anak bisa diminta meletakkan tas di luar kelas terlebih dahulu. Tapi jika jam pelajaran berlangsung setelah istirahat, guru meletakkan semua tas di luar dengan rapi dan anak-anak diminta mengambil buku dan pena.

4. Setelah siap, guru memancing antusiasme siswa dengan pertanyaan pembuka, “Siapa yang ingin berburu harta karun?”. Dengan karakternya yang enerjik, murid-murid saya akan berlomba mengacungkan tangan dan bilang, “Saya, saya, saya!!”. 🙂

5. Langkah berikutnya adalah menjelaskan aturan main:

  1. Buku dan pena sudah siap. Cek apakah pena macet atau tidak.
  2. Masing-masing siswa harus menemukan 14 kata yang ditempel di dalam kelas dan menulis kata tersebut beserta artinya.
  3. Yang menemukan semua kata paling awal, akan mendapat hadiah (terserah guru mau berupa apa, bisa berupa tanda “bintang” 😀 )

6. Setelah semua seleai, guru mulai memerika kata yang ditemukan siswa satu per satu, lengkap dengan artinya dalam Bahasa Indonesia.

7. Kita bisa juga langsung mengajarkan cara melafalkan kata yang ditemukan siswa tersebut. Untuk menguatkan ingatan, guru bisa menanyakan ulang satu per satu “What is this?” sambil menunjuk benda yang dimaksud.

Lesson Learned

Metode ini terbukti ampuh untuk membantu murid-murid saya dalam menghafal vocabsthings in classroom’. Saat bermain, murid-murid saya sangat antusias untuk menemukan semua kata. Mungkin hal tersebut yang membuat hafalan vocabs yang baru mereka pelajari bisa melekat kuat di ingatan mereka.

Karakter yang bisa kita tanamkan selama proses belajar ini adalah jujur dan bertanggung jawab. Jujur atas pekerjaan mereka sendiri dan bertanggung jawab atas komando yang diberikan kepada mereka.

Finally, I say, good luck! 😀

Revisions

3 Responses to “Berburu Harta Karun “Benda-Benda di Kelas” – Things in Classroom”

  1. putri syalsha 10 September 2013 at 22:51 #

    Wow keren banget !!!
    Aku suka degan ceritanya , keren !!!

Leave a Reply