Hukuman yang Mendidik: Membuat Resensi Buku

Pendidikan Karakter »

Tags: , , , ,

Abstrak

Apresiasi yang tepat dan yang mendidik sangat membantu guru dalam membangun karakter siswanya. yang mendidik diharapkan tidak membuat siswa merasa tertekan baik dari segi fisik maupun psikis, tidak merugikan siswa dalam hal belajar, serta tetap menimbulkan efek jera. Akan lebih baik lagi apabila tersebut memberikan ilmu ataupun keahlian baru bagi siswa. Salah satu yang pernah saya berikan pada murid saya adalah membuat buku.

 

Seorang siswa sedang mengerjakan tugas sekolah

Seorang siswa sedang mengerjakan tugas sekolah. Foto: Ertina Priska

Latar Belakang

Hukuman ini dibuat agar siswa dapat bertanggung jawab terhadap tugas pekerjaan rumahnya, sehingga siswa lebih fokus untuk belajar. Hukuman ini saya buat untuk mata peajaran yang saya ajarkan yaitu  IPA dan Bahasa Inggris untuk kelas 4, 5, dan 6 Sekolah Dasar.

HUKUMAN :
Tidak hanya membaca buku, siswa juga membuat (resensi) sehingga siswa juga dapat belajar dari hukuman ini.

Ada 2 tingkatan :

  1. Jika siswa tidak mengerjakan tugas maka hukumannya adalah membaca 1 buku cerita dan membuat resensi dalam satu halaman.
  2. Jika siswa tidak mengerjakan tugas, dan saat itu tidak sadar tidak mengerjakan tugas dan menyalahkan temannya maka dihukum untuk membuat resensi 2-3 buku cerita.

Lesson Learned

Hukuman membuat resensi buku  ini sangat bagus agar siswa menjadi lebih bertanggung jawab atas kewajibannya. Bagian paling tricky dalam memberi hukuman adalah bagaimana agar siswa tidak membenci si pemberi hukuman (guru), tidak membenci hukumannya (dalam hal ini meresensi buku), dan bisa belajar dari kesalahan yang dia buat.

 

(Ditulis berdasarkan pengalaman Ardi Wilda Irawan)

Revisions

No comments yet.

Leave a Reply