Menerangkan Siklus Air dengan Mendongeng

Kelas 5 » IPA 5 »
Alat dan Bahan » Sumber Daya Lokal »

Metode :: Cerita

Tags: , , , ,

Abstrak

Dongeng Siklus Air - Bagus PrabaSiswa usia SD memiliki daya imajinasi yang tinggi. memadukan daya imajinasi tersebut dengan peran-peran yang hidup. Dengan , guru bisa menyampaikan berbagai materi (dalam kesempatan ini adalah materi siklus ).

Latar Belakang

Tidak ada ketentuan khusus dalam memilih metode pembelajaran. Selama metode tersebut mempermudah guru dalam menyampaikan materi dan mempermudah penerimaan pengetahuan siswa, maka tidak ada masalah. Metode pembelajaran diskusi, ceramah, role play, eksperimen adalah metode pembelajaran yang umum digunakan guru. Lalu, bagaimana dengan mendongeng?

Mendongeng adalah aktivitas menyenangkan yang paling disukai anak-anak. Jika materi pelajaran lebih mudah diterima siswa dengan mendongeng, mengapa tidak dilakukan?

Dongeng si Tetes Air

Lesson Learned

Bila guru tidak pandai mendongeng maka guru tidak perlu merasa cemas karena pada dasarnya manusia itu bisa bercerita.

Mendongeng dapat mencairkan suasana kelas yang monoton dan membosankan. Selain itu, dapat melatih siswa belajar mendengarkan dengan baik. Guru dapat memberikan pesan seperti tolong menolong, toleransi, saling menghargai dll dalam setiap dongeng. Jadi sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Siswa lebih memahami materi dan dapat menangkap nilai yang ingin diberikan guru.

 

Revisions

Trackbacks/Pingbacks

  1. Menyisipkan Nilai-nilai Kebaikan Melalui Cerita | Ruang Belajar - Indonesia Mengajar - 5 March 2013

    […] Contoh: Bagus sedang menyampaikan materi IPA tentang siklus air dengan metode cerita. […]

Leave a Reply