RPP Bahasa Indonesia Kelas 4 – Petunjuk Penggunaan Teknologi Sederhana

Pendidikan Karakter »
Kelas 4 » Bahasa Indonesia 4 »

Metode :: Percobaan & Simulasi

Tags: , ,

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

PM Lebak, Eko Budiwa, bersama murid-muridnya sedang mempelajari energi gerak dari Kincir Angin yang Mereka Buat

PM Lebak, Eko Budiwa, bersama murid-muridnya sedang mempelajari energi gerak dari Kincir Angin yang Mereka Buat

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas : 4 (Empat)
Tema : Teknologi Sederhana Semester : 2 (dua)
Alokasi Waktu : 2 x 35′

Standar Kompetensi

  • Menulis : Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi secara tertulis dalam bentuk petunjuk
  • Berbicara : Mendeskripsikan secara lisan petunjuk penggunaan suatu alat
  • Mendengarkan : Mendengarkan penejelasan tentang petunjuk penggunaan suatu alat
  • Membaca : Memahami petunjuk penggunaan suatu alat

Kompetensi Dasar

  • Menjelaskan petunjuk penggunaan suatu alat dengan bahasa yang baik dan benar
  • Melakukan sesuatu berdsarkan petunjuk pemakaian yang dibaca
  • Menulis petunjuk untuk melakukan sesuatu atau penjelasan tentang cara menggunakan sesuatu

Tujuan Pembelajaran

  • Mampu mengidentifikasi langkah-langkah penggunaan suatu teknologi sederhana
  • Mampu menuliskan petunjuk penggunaan suatu alat secara sistematis
  • Mampu menjelaskan petunjuk penggunaan suatu alat sesuai dengan yang dituliskan
  • Mampu mempraktikan penggunaan suatu alat sesuai dengna petunjuk yang telah dibuat

Karakter Siswa yang Diharapkan

Materi Pokok

Indikator

Petunjuk penggunaan alat

 

Menyebutkan nama alat, membacakan petunjuk penggunaan alat, menjelaskan secara rinci isi petunjuk penggunaan alat dengan bahasa yang komunikatif, menggunakan imbuhan –an untuk menyampaikan berbagai keperluan

Alat dan bahan disediakan sekolah/guru

Pena, tip-ex, botol, rautan, penghapus, “tiket keluar”, bola, spidol, kertas buram, laptop, pengeras suara (speaker), papan tulis, spidol, kerayon, kertas buram, potongan kertas “undian” yang berisikan nama-nama barang

Alat dan bahan disediakan siswa

tidak ada

Metoda Pembelajaran

Kegiatan Awal (10’)

Apresepsi / Motivasi

  • Guru mengucapkan salam, berdoa, dan memberikan salam semangat
  • Guru memutar musik dari laptop
  • Guru memfokuskan konsentrasi siswa dengan “bola tepuk”. Permainannya guru melempar bola, selama bola melayang di udara maka siswa tepuk tangan. Lakukan berulang-ulang hingga tidak ada lagi yang melakukan kesalahan tepuk (bola tidak dilempar tetapi tepuk tangna misalnya)
  • Guru memperkenalkan kesepakatan “sinyal” dan “tiket keluar”
  • Guru bercerita mengenai penggunaan teknologi telepon selular secara tepat dapat mempercepat bantuan datang untuk korban banjir di Jakarta (guru menceritakan berita terbaru untuk mengetahui wawasan siswa juga).
  • Guru membangun konstruktivisme antara cerita tadi dengan dampak positif jika memiliki kemampuan membuat petunjuk penggunaan alat dengan benar
  • Guru membuat gambar/bagan yang mudah dimengerti siswa mengenai konstruktivisme tersebut

Kegiatan Inti (40’)

Elaborasi

Guru:

  1. Membagi kelompok masing-masing terdiri atas 5 siswa. Mekanisme pembagian dengan meminta siswa untuk menghitung 1-2-3-4-5-1-2-3-4-..dst hingga selesai. Kemudian guru meminta siswa untuk berkumpul sesuai dengan angka yang disebutkan tadi.
  2. Membagi tugas untuk masing-masing anggota kelompok yaitu sebagai pengambil barang, penulis, juru bicara, penghitung waktu, dan “role model” penggunaan teknologi sederhana
  3. Guru memperkenalkan bentuk apresiasi “superman woosh” bagi kelompok yang sudah maju ke depan

Siswa:

  1. Siswa yang bertugas mengambil barang, mengambil kertas “undian”, kemudian mengambil barang yang tertulis di kertas undiannya (apakah itu pena, penghapus, rautan, botol minum, atau tip-ex). Kemudian juga mengambil selembar kertas buram dan beberapa buah kerayon untuk notulensi diskusi (disesuikan dengan jumlah yang ada)

Eksplorasi

Siswa:

  1. Siswa bekerja sesuai dengan pembagian tugasnya dan berdiskusi tentang penggunaan teknologi sederhana
  2. Penghitung waktu bertugas menghitung waktu selama 30 menit untuk diskusi mengenai penggunaan teknologi sederhana
  3. Setelah selesai, juru bicara dan role model maju ke depan untuk memprsentasikan serta mensimulasikan penggunaan teknologi sederhana tersebut

Guru:

  1. Guru meneruskan bagan atau gambar yang telah dibuat pada apresepsi mengenai apa yang disampaikan oleh siswa

Kegiatan Penutup (20’)

  • Guru membimbing siswa menyimpulkan mengenai karakteristik petunjuk penggunaan teknologi sederhana, dengan bantuan bagan atau gambar yang telah dibuat di papan tulis.
  • Guru meminta siswa untuk mencatatnya

Refleksi Guru

  • Guru bertanya mengenai pemahaman siswa
  • Guru menjelaskan mengenai karakter apa saja yang sudah dibangun melalui simulasi tadi

 

Unduh: RPP_Kelas 4_B.Indonesia

Revisions

No comments yet.

Leave a Reply