Tebaklah Pekerjaan Saya!

Kelas 3 » IPS 3 »

Metode :: Bermain Peran

Tags: , , ,

Belajar Jenis-jenis dengan Bermain

Abstraksi

Berawal dari kurangnya perhatian siswa pada saat guru mengajar di kelas, saya mencoba untuk memakai metode bermain peran sebagai media pembelajaran untuk materi ‘Pekerjaan Kelas 3. Semoga dengan bermain peran mereka lebih tertarik dengan materi yang disampaikan, yaitu jenis-jenis pekerjaan. 🙂

Latar Belakang

Kondisi Kelas

Kelas 3 SDN Inpres Solan, Kab. Banggai berjumlah siswa 41 siswa. Dengan jumlah yang cukup banyak, saya sering menghadapi tantangan bagaimana caranya agar siswa tetap fokus dan belajar efektif.

Pemilihan Metode

Pada kesempatan kali ini saya mencoba untuk menggunakan metode bermain peran untuk penyampaian materi, yaitu belajr jenis-jenis pekerjaan. Selain untuk menyampaikan materi, bermain peran juga bermanfaat untuk menguatkan rasa siswa.

Alat dan Bahan

  1. Karton warna warni bertuliskan jenis pekerjaan atau gambar (dari koran/majalah) yang menunjukkan suatu profesi pekerjaan
  2. Spidol

Langkah-Langkah Pembelajaran

Beberapa anak sedang memperagakan profesi pekerjaan: nelayan. sopir, guru

Beberapa anak sedang memperagakan profesi pekerjaan: nelayan. sopir, guru

 

Beberapa siswa berusaha menebak dengan semangat jenis pekerjaan yang sedang diperagakan temannya

Beberapa siswa berusaha menebak dengan semangat jenis pekerjaan yang sedang diperagakan temannya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Murid-murid saya suka bermain. Setiap kali mendengar guru berkata “kita akan bermain” atau “Ibu punya permainan”, mata mereka langsung menunjukkan antusiasme. Karena itu, saya mulai kelas dengan kalian pembuka, “Ibu punya permainan”.

  1. Guru memilih salah satu siswa untuk memperagakan sebuah pekerjaan. Saat itu, saya memilih siswa yang dapat duduk paling tenang. Anda bisa memilih dengan metode lain :-).
  2. Siswa yang ditunjuk mendapatkan sebuah kartu yang bertuliskan nama pekerjaan yang akan dia peragakan.
  3. Siswa hanya boleh memperagakan pekerjaan tersebut dengan gerakan tubuh dan tidak diperkenankan untuk menggunakan suara.
  4. Mendengar aba-aba dari guru: 1, 2, 3 kemudian siswa dapat mulai memperagakan gaya dari jenis pekerjaan yang ditunjukkan di kartu.
  5. Siswa yang lain berlomba untuk menebak pekerjaan apa yang sedang diperagaakan.
  6. Agar siswa lain juga tertarik untuk ikut terlibat permainan, saya mencoba memberi apresiasi baik kepada siswa yang memperagakan maupun kepada siswa yang berhasil menebak pekerjaan yang diperagakan. “Ayo semuanya, kita beri tepuk tangan lingkaran…!”.

Hasil

Di kelas saya, metode ini terbukti cukup efektif untuk membangkitkan antusiasme siswa untuk lebih memperhatikan pelajaran. Melalui metode ini, siswa dapat belajar berbagai jenis pekerjaan yang ada sehari-harinya dengan ceria.

Revisions

One Response to “Tebaklah Pekerjaan Saya!”

  1. Novan 14 January 2016 at 09:07 #

    Agus sekali untuk pembeljarannya, kalau yang bahasa inggris untuk kelas 1-6 apa saja yaw?

Leave a Reply