Mengingat Negara Anggota ASEAN dengan Lagu

Kelas 6 » IPS 6 » Geografi » Negara »
Kelas 5 » IPS 5 »
Kelas 6 » PKn 6 »

Metode :: Lagu

Tags:

Abstraksi

Menghapalkan materi dengan lagu boleh dikata merupakan salah satu cara klasik dalam metode pembelajaran kreatif, namun keampuhannya masih terasa hingga kini. Saya mencoba membantu murid-murid saya untuk menghapal nama-nama negara anggota .

Latar Belakang

Negara ASEANSebagian besar dari 31 siswa kelas 6 SDN 05 PB Penai adalah pribadi yang energik, sampai ke mulut mereka yang hampir sulit terkatup manis :p. Saya memanfaatkan kelebihan mereka tersebut untuk membantu mereka mengingat salah satu materi IPS dan Pkn: Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) dengan cara bernyanyi.

Kondisi kelas

Kelas saya berisi murid yang cukup banyak dan cepat bosan mendengarkan celotehan guru tentang sejarah panjang hubungan Indonesia dengan negara lain (siapa pula yang tidak?) Maka untuk membuat mereka tertarik dengan materi pelajaran, ajaklah mereka bernyanyi!

Langkah-langkah

Lagu yang digunakan adalah laguBalonku Ada Lima”. Kita juga memilih lagu anak-anak yang lain yang sudah familiar di telinga siswa. Berikut ini lirik lagunya:

Di kelompok ASEAN … ada sepuluh negara

Singapura, Thailand … Malaysia, Filipina

Vietnam dan Myanmar … Indonesia, Kamboja

Sisanya tinggal dua …

Brunei Darussalam dan Laos

Baris terakhir memang tidak pas benar dengan nada Balonku. Kalau ada teman-teman yang punya ide agar liriknya bisa lebih pas dengan nadanya, mohon bantuannya ya :mrgreen: .

Sekarang saatnya mengajari bocah-bocah penuh semangat itu:

  1. Saya beri contoh bagaimana menyanyikan lagu tersebut, kemudian meminta para siswa meniru
  2. Kemudian, saya ajak mereka untuk bernyanyi bersama-sama dua sampai tiga kali lalu lirik lagu di papan tulis saya hapus :-).
  3. Saya minta beberapa murid maju untuk bernyanyi di depan kelas untuk memastikan mereka telah mengingat lagu tersebut dengan baik 🙂

Lesson Learned

Seorang siswa ‘senior’ di kelas saya, yang sering saya tegur karena malas mencatat, dengan lantang berkata, “Bu, sebentar, Bu! Mau dicatat!”, ketika saya hendak menghapus lirik lagu di atas dari papan tulis. Siswa ini, yang ternyata hobi bermain gitar dan bass, menjadi bersemangat karena metode pembelajaran yang ditawarkan guru sesuai dengan minatnya.

Revisions

No comments yet.

Leave a Reply