What time is it? Please Look at Me – Jam Manusia

Muatan Lokal » Bahasa Inggris »
Alat dan Bahan » Sumber Daya Lokal »

Metode :: Percobaan & Simulasi , Bermain Peran

Tags: , , , ,

Belajar dalam Menggunakan

Abstraksi

Mengenal tanda waktu () dalam Bahasa Inggris masih dianggap sulit oleh siswa kelas 4 SDN 06 Teluk Aur. Mereka baru saja mengenal angka-angka. Namun  permainan Manusia” merupakan salah satu cara yang menyenangkan bagi para siswa untuk menghapal angka-angka dan pengucapan waktu dalam Bahasa Inggris. Pembelajaran ini dilaksanakan dalam waktu 2 x 35 menit.

Penanda Waktu dalam Bahasa Inggris - Jam Manusia - Ruang Belajar - HildaLatar Belakang

Penerapan metode ini dilatarbelakangi banyaknya turis asing yang melancong ke Desa Teluk Aur, Kapuas Hulu sebagai salah satu tujuan Ekowisata, dan melihat anak-anak begitu antusias ingin dapat berbincang dengan turis asing. Salah satu pertanyaan yang sering diajukan oleh para turis adalah mengenai waktu. Sayangnya anak-anak tersebut masih kesulitan mengucapkan angka-angka dan waktu dalam Bahasa Inggris.

Oleh karena itu metode permainanJam manusia” dicobakan agar siswa dapat menghapalkan angka-angka dan waktu dalam Bahasa Inggris sambil bermai. Metode ini dilaksanakan di kelas 4 yang terdiri dari 21 siswa.

Metode

Metode yang digunakan adalah metode permainan “Jam Manusia” yang merupakan metode simulasi/bermain peran.

Apersepsi

Guru berperan sebagai turis asing yang bertanya tentang waktu setempat kepada penduduk (murid) karena si turis punya janji. Karena murid tidak paham Bahasa Inggris akhirnya murid tidak bisa menjawab pertanyaan si turis. Apersepsi ini bertujuan merangsang siswa agar paham pentingnya belajar mengenal waktu dalam Bahasa inggris.

Pengucapan

Guru menjelaskan pengucapan waktu-waktu dengan menggunakan Bahasa Inggris. Murid-murid mengulang kembali pengucapan yang telah disampaikan oleh guru.

Peragaan

Guru menggambar sebuah jam besar di papan tulis. Guru berdiri tepat di tengah-tengah jam. Tangan kanan guru berperan sebagai jarum panjang jam dinding yang menunjukkan menit, dan tangan kiri berperan sebagai jarum pendek yang menunjukkan jam. Guru memerankan beberapa waktu dengan jam manusia tersebut an murid-murid menebak bahasa Inggris dari waktu ang ditunjukkan guru.

Evaluasi

Evaluasi dilakukan dengan cara tiap murid maju ke depan kelas secara bergantian untuk memerankan Jam manusia. Siswa yang maju ke depan diberi soal oleh teman urutan sebelumnya dengan mengucapkan waktu dalam Bahasa Inggris dan mempraktikkan soal tersebut (dengan aturan tangan kanan sebagai jarum panjang dan tangan kiri sebagai jarum pendek). Siswa yang telah maju memberikan soal pada siswa berikutnya dan seterusnya.

Lesson Learned

Dari metode permainan ini maka siswa akan mempelajari sederhana yang mungkin mereka temukan dalam kehidupan sehari-hari dengan lebih menyenangkan. Siswa akan lebih berani mencoba berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Inggris.

Revisions

2 Responses to “What time is it? Please Look at Me – Jam Manusia”

  1. Rashita Arisya Sjarief 28 February 2013 at 19:13 #

    Penerapan metode transfer ilmu yg sangat kreatif. Keep up the good works! ^_^

Leave a Reply