Mengenal Macam-macam Bencana Alam

Kelas 6 » IPS 6 » Geografi » Negara » Indonesia »
Alat dan Bahan » Sumber Daya Lokal »

Metode :: Permainan , Gambar , Presentasi

Tags: , , , , , , , ,

Bumi! Ayo Sembunyi! … ! Ayo Lari!
Mengenal Macam-macam Alam dan Cara Menyelamatkan Diri saat Terjadi

Abstraksi

seperti gempa, , tsunami, , dan sering terjadi di Indonesia. Di dalam mata pelajaran kelas 6 semester 2 terdapat bahasan mengenai bencana alam dan cara-cara mengatasinya. Pengetahuan ini sangat penting bagi siswa agar ingat apa yang harus mereka lakukan bila bencana alam terjadi. Metode pengajaran yang digunakan menggabungkan kerja kelompok dengan metode permainan reflek. Metode ini digunakan dalam 2×35 menit.

Latar Belakang

Metode ini digunakan di SDN 020 Longkali, Paser pada kelas 6 dengan jumlah siswa 11 orang. Dalam pelaksanaannya kelas dibagi menjadi 3 kelompok dengan jumlah 3-4 orang di dalam masing-masing kelompok.

Teori

IPS kelas 6 semester 2-Gejala Alam di Indonesia dan Negara Tetangga

Gempa Bumi

Gempa bumi adalah getaran pada permukaan bumi yang disebabkan adanya gerakan dari dalam bumi. Negara-negara di wilayah Asia Tenggara, seperti Indonesia, Thailand, Malaysia, Myanmar, dan Filipina rawan akan gempa bumi. Hal ini karena negara-negara tersebut merupakan daerah perlintasan gempa.

Tsunami

Tsunami berarti gelombang atau ombak besar. Tsunami disebabkan karena gempa bumi di dasar laut. Pergeseran lempengan bumi di dasar laut menyebabkan terjadinya gelombang besar di permukaan laut. Selain disebabkan oleh gempa bumi, tsunami juga disebabkan letusan .

Banjir

Banjir bisa disebabkan karena faktor alam, bisa juga disebabkan oleh perilaku manusia. Faktor alam yang menyebabkan banjir, yaitu curah hujan yang sangat tinggi. Hal itu menyebabkan sungai tidak mampu menampung air hujan. Akibatnya, air sungai meluap dan terjadi banjir. Banjir yang terjadi di Indonesia sebagian besar disebabkan oleh perilaku manusia. Perilaku manusia yang dapat menyebabkan banjir, yaitu membuang sampah di sungai. Selain itu, menebang hutan secara liar menyebabkan hilangnya serapan air.

Tanah Longsor

Tanah longsor sering terjadi pada saat musim hujan. Hujan yang lebat dapat menyebabkan kekuatan tanah di lereng pegunungan lemah. Dengan demikian, sering terjadi longsor. Tanah longsor bisa juga disebabkan karena gempa bumi. Kekuatan gempa yang cukup besar dapat menyebabkan tanah di lereng pegunungan longsor.

Metode

Metode yang digunakan adalah presentasi dan permainan. Presentasi kelompok untuk menjelaskan tiap-tiap bencana alam yang ada di dalam teori. Permainan reflek melatih relfek siswa agar sesuai dengan perintah dalam kata-kata yang berhubungan dengan bencana alam.

Alat dan Bahan

  • Kertas kosong
  • Krayon/pensil warna/ Spidol

Pelaksanaan

hasil karyaLangkah Pertama

membagi murid menjadi 4 kelompok bedasarkan jenis bancana alam yang sering terjadi di negara Indonesia (gempa bumi, tsunami, angin topan dan tanah longsor)

Langkah Kedua

Masing masing kelompok telah disediakan kertas kosong dan spidol untuk menulis yang mereka ketahui tentang bencana alam tersebut dan menggambar ilustrasi bencana alam tersebut, setelah itu mereka presentasi di depan kelas tentang apa yang telah mereka tulis.

Langkah Ketiga

Setelah masing masing menjelaskan, Mulai permainan dengan menggabungkan semua kelompok. Dan beri penjelasan mengenai instruksi yang akan diberikan, yaitu perintah:

  • Gempa bumi (jongkok/berlindung)
  • Tanah longsor (lompat ke depan),
  • Tsunami (lompat ke belakang),
  • Banjir (loncat ke atas)

Permainan ini dimainkan oleh setiap anak, guru sebagai pemberi perintah dengan menyebutkan bencana alam, anak-anak berbaris rapat dan guru memberikan perintah dengan tiba-tiba, sambil terkadang melakukan gerakan yang salah. Anak yang mampu bertahan dan mengikuti perintah dengan benar tanpa mengikuti kesalahan guru hingga akhir adalah pemenangnya

Lesson Learned

Dalam presentasi dan kerja kelompok mengajarkan siswa untuk membagi tugas, bekerja sama dan berani berbicara di dalam kelas. Dalam permainan, siswa belajar cara mengingat apa tindakan yang harus mereka lakukan bila terjadi bencana alam. Gempa bumi – jongkok (dimaksudkan jongkok di bawah meja atau di bawah pintu), tanah longsor- lompat ke depan (dimaksudkan agar berlari menjauh dari tempat terjadi longsor. Tsunami – lompat ke belakang (dimaksudkan agar berlari dari air  atau ombak yang datang dari depan, lari ke belakang atau mendekati dataran tinggi). Banjir-Loncat ke atas ( dimaksudkan agar saat terjadi banjir, mencari tempat yang lebih tinggi).

Revisions

No comments yet.

Leave a Reply