Mengenal Dunia lewat Surat Kreatif

Ekstrakurikuler »
Muatan Lokal » Seni Budaya dan Keterampilan »
Pendidikan Lingkungan Hidup »
Alat dan Bahan » Sumber Daya Lokal »
Alat dan Bahan » Sumber Daya Lokal » Barang Bekas »

Abstraksi

Menulis surat untuk teman-teman di luar daerah dapat menjadi salah satu alternatif yang dapat dipilih untuk menambah wawasan dan kemampuan siswa dalam membuat surat. Rasa keingin tahuan siswa mengenai rupa dunia di luar desa atau lingkungan mereka dapat mereka tanyakan. Mereka juga bisa bercerita tentang desanya lewat bertukar cerita dan bersahabat satu sama lain. Namun, surat tidaklah harus selalu ditulis diatas kertas putih atau kertas bergaris saja. Membuat surat dapat juga dikreasikan sesuai keinginan anak-anak dengan menggunakan media/bahan-bahan yang ada di sekitar mereka, sehingga dapat meningkatkan ketertarikan mereka untuk menulis surat. Oleh sebab itu, penulis menamai aktivitas ini sebagai Surat Kreatif.

Latar Belakang

Metode ini dilakukan oleh anak-anak kelas 3, 4, 5, dan 6 SDN 015 Tanah Grogot, Kab. Paser, Kalimantan Timur. Jumlah murid di masing-masing kelas adalah ± 14 orang. Kegiatan ini untuk mengisi waktu jeda semester atau sering dikenal dengan Class Meeting, karena sedang musim hujan, guru lebih memilih untuk beraktivitas di dalam kelas dan melihat banyaknya sumber daya/ media yang dapat dimanfaatkan oleh anak-anak untuk membuat sebuah surat yang kreatif.

Teori

Surat menyurat adalah sarana komunikasi untuk menyampaikan informasi tertulis antara satu kepada pihak lain. Fungsinya beraneka ragam, dan untuk anak-anak adalah media bertukar cerita dan perkenalan kepada teman-teman di daerah lain. Media yang digunakan untuk berkreasi adalah bahan-bahan yang ada di lingkungan sekitar mereka dan barang-barang bekas yang masih dapat dimanfaatkan. Teknik yang digunakan adalah teknik Kolase, yaitu merupakan karya seni rupa dua dimensi yang menggunakan bahan bermacam-macam selama bahan dasar tersebut dapat dipadukan bahan dasar lainnya yang akhirnya dapat menjadi sebuah karya.

Alat dan Bahan

  1. Kertas karton bekas / kertas kalender bekas / kardus
  2. Koran / majalah
  3. Krayon / pensil warna / spidol
  4. Daun kering, bunga kering, lidi, ranting, tali rafia, benang dll
  5. Pasir / tanah / serbuk rayap kayu
  6. Cangkang telur / kain
  7. Biji-bijian seperti beras, kacang hijau dll
  8. Sedotan / botol plastik bekas
  9. Perekat (lem dan double tape)
  10. Gunting dan Cutter

Langkah Pelaksanaan

  1. Guru memberi penjelasan kepada anak-anak untuk menulis surat dengan kreatifitas mereka masing-masing dengan menggunakan alat yang telah disediakan seperti pensil warna, krayon, spidol gunting, cutter, lem, double tape, dan bahan-bahan apa saja yang dapat mereka gunakan seperti karton, kardus, koran daun dll.
  2. Guru memperkenalkan daerah mana saja yang akan mereka menjadi tujuan surat-surat mereka.
  3. Anak-anak dipersilahkan mengambil alat-alat dan mulai mencari bahan-bahan di sekitar sekolah.
  4. Setelah seluruh bahan telah terkumpul, anak-anak dapat langsung menulis surat mereka dan berkreasi di atas surat mereka masing-masing.
  5. Setelah selesai, surat kreatif dikumpulkan kepada guru dan siap untuk dikirim. =)

IMG_0169

Pembelajaran yang Dipetik

Dengan menulis surat kreatif semacam ini, anak-anak dapat mengetahui bahwa menulis surat tidak hanya dapat ditulis di atas kertas putih. Otak kita sangat menyukai segala sesuatu yang berwarna warni dan penuh dengan keunikan, sehingga dapat membuat anak-anak menjadi senang untuk menulis surat dan meningkatkan minat mereka untuk surat menyurat. Kreatifitas mereka juga dapat disalurkan dan ditunjukkan kepada teman-teman di luar sana. Dan anak-anak akan lebih kreatif untuk dapat memanfaatkan barang-barang tak terpakai di sekitar mereka.

Kini menulis surat jadi lebih menyenangkan.

Revisions

No tags for this post.

No comments yet.

Leave a Reply