Belajar Bahasa Inggris: Profesi dan Bermimpi

Uncategorized »
Muatan Lokal » Bahasa Inggris »

Metode :: Proyek

Tags: , ,

Abstraksi

Sebagian besar peserta didik SDN 005 Tanjung Harapan, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, menganggap belajar sulit. Demi mengubah cara pandang peserta didik, pelajaran harus disampaikan secara menyenangkan. Salah satu metode yang digunakan adalah menempelkan padanan kata dalam pada “pohon cita-cita”. Selain dihapalkan, mereka juga diajak bermimpi mengenai profesi yang diinginkan saat mereka besar nanti. Mereka diharapkan bisa bertindak sejak dini demi mewujudkan impian masing-masing.

Latar Belakang

Sebagian peserta didik SDN 005 Tanjung Harapan, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, menganggap sulit pelajaran Bahasa Inggris. Penyampaian pelajaran secara menyenangkan diperlukan agar pelajaran bisa disukai para peserta didik. Mengingat kebanyakan peserta didik memiliki gaya belajar kinestetik, pendidik mengajak mereka membuat prakarya bersama-sama yang dinamakan “Pohon Cita-cita”. Sebelumnya, para peserta didik  diminta menghapalkan padanan kata tentang profesi dalam Bahasa Inggris yang dijelaskan oleh pendidik sebelumnya. Hasil karya tersebut dipajang di dinding kelas sehingga tanpa disadari, peserta didik mengulang hapalan yang telah diterima.

Metode

     Tujuan:

  1. Membantu peserta didik mengenal berbagai profesi dalam Bahasa Inggris.
  2. Mengajak peserta didik untuk berani bermimpi terkait profesi yang diinginkan di masa depan.
  3. Mengasah kreativitas peserta didik dalam membuat karya.
  4. Membuat pelajaran Bahasa Inggris menjadi pelajaran yang menyenangkan.

Lokasi:

Ruang kelas.

     Alat dan Bahan:

  • Kertas karton berwarna
  • Gunting
  • Lem
  • Selotip
  • Spidol atau pensil warna
  • Penggaris

    Langkah Pembelajaran

  1. Pendidik menjelaskan jenis-jenis profesi yang ada saat ini, termasuk mengenai pendidikan yang harus dilalui sampai detail pekerjaan dari profesi terkait. Setelah itu, pendidik mengenalkan secara bertahap padanan kata profesi dalam Bahasa Inggris. Para peserta didik diminta untuk menghapalkan kata-kata tersebut.
  2. Pendidik membagi kelompok kecil masing-masing beranggotakan empat sampai lima orang dengan cara membariskan mereka sesuai bulan kelahirannya. Selama proses pembagian, pendidik menyiapkan gambar pohon sesuai jumlah kelompok dan potongan kertas karton sesuai jumlah peserta didik.
  3. Setelah pembagian kelompok, peserta didik diminta untuk membayangkan profesi apa yang diinginkan di masa depan sambil mengingat padanan kata profesi tersebut dalam Bahasa Inggris. Mereka lalu diminta menceritakan mimpinya kepada teman satu kelompoknya.
  4. Peserta didik dibagikan kertas karton dan diminta untuk menuliskan profesi yang diinginkan dalam Bahasa Inggris pada kertas karton dan mengguntingnya sesuai ukuran tulisan. Potongan karton tersebut dihias semenarik mungkin.
  5. Setelah selesai, masing-masing kelompok secara bergiliran menyebutkan profesi yang diinginkan dalam Bahasa Inggris. Penyebutan tersebut sebagai bagian dari pemantapan pelafalan kata profesi dalam Bahasa Inggris.
  6. Peserta didik secara bergantian menempelkan potongan karton tersebut di pohon cita-cita yang sebelumnya ditempelkan di dinding kelas.
  7. Pendidik memimpin para peserta didik untuk saling mendukung dan mendoakan agar cita-cita mereka bisa terwujud

1

 

2

Hikmah Yang Didapat

Salah satu cara meningkatkan daya ingat peserta didik adalah dengan menuangkannya ke dalam prakarya yang dikerjakan dengan suka cita. Melalui cara ini, peserta didik dilatih untuk berkarya demi mewujudkan keinginan mereka di masa depan, seperti yang ditempelkan bersama-sama di pohon cita-cita.

3

Revisions

No comments yet.

Leave a Reply